rpp bahasa inggris kurikulum 2013 kelas x wajib
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Islam Terpadu Nurul
Hasan
Mata pelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/semester :
X Wajib Bahasa&Budaya/Ganjil
Materi Pokok :
menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective,
possessive
Alokasi
Waktu : 6 JP (3X PERTEMUAN)
A. Kompetensi Inti SMA
KI. 1 Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI. 2 Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3: Kompetensi Pengetahuan, yaitu memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4: Kompetensi Keterampilan, yaitu mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi:
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.1
menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective,
possessive)
|
3.1.1 Mendefinisikan pengertian/ fungsi sosial,
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective,
objective, possessive)
3.1.2 Menjelaskan struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan
keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan
pronoun: subjective, objective, possessive)
3.1.3 Menjelaskan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective,
objective, possessive)
3.1.4
merespon ungkapan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri
dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)
|
4.1
menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.1.1. menetukan
ungkapan teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
4.1.2.
Membuat teks interaksi transaksional
lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.1.3
mempresentasikan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks did
depan kelas
4.1.4
Membuat dialog teks interaksi transaksional
lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.1.5 menemukan informasi terkait teks interaksi
transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
|
|
C. Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik dapat membedakan,
menangkap makna, dan menyusun terkait teks interaksi
transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks dengan menggunakan pairs dialogue dan
memiliki perilaku jujur, disiplin, peduli, kerja
sama, tangung jawab, toleran, santun, responsif, dan pro-aktif.
D. Materi Pembelajaran
1)
Fakta
Fungsi
sosial
Mengenalkan, menyebutkan identitas, untuk saling mengenal dan menjalin hubungan
antar pribadi dengan teman dan guru.
2) Konnsep
Unsur
kebahasaan
-
kosakata:
nama status hubungan keluarga, kekerabatan, teman, tetangga nama profesi
pekerjaan, hobi.
-
Kata tanya Who?
Which? How? Dst.
-
Kata kerja dalam simple present tense.
-
Penggunaan to be ( am, is, are,)
have , has
-
Penggunaan
nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-
Ucapan,
tekanan kata, intonasi
-
Penggunaan pronoun: subjective, objective, possessive
-
3) Prinsip
Struktur
teks
Adi :
My name is Adi. I live on Jln. Simorejo.
Gema : Near SMAN 1?
Adi :
Yes, only 100 m to the west. I have 2 brothers, Ferry and Bima.
Gema : I know Ferry
Adi : Really.
Gema : Yes, we play badminton
together every Friday
E. Pendekatan/Model/Metode
Pembelajaran Pairs dialogue
Pertemuan Pertama: Pengamatan, tanya jawab, respon
Pertemuan kedua : presentasi.
Pertemuan ketiga : dialogue in pairs
F. Media Pembelajaran
Video memperkenalkan diri dan teks memperkenakan diri
G. Sumber Pembelajaran:
1.
Internet . www. Google.com.introducing yourself
2. Buku Siswa Kelas X SMA. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Bahasa Inggris/Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2016
3. Buku Pr Intan Pariwara bahsa inggris. Klaten 2016
3Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 P)
3.1.1 Mendefenisikan pengertian/ fungsi
sosial, teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai
dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective,
objective, possessive)
3.1.2 Menjelaskan struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective,
objective, possessive)
3.1.3 Menjelaskan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective,
objective, possessive)
1.
Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
|
Keterangan
|
|||
-
Menyiapkan
peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi,
menyiapkan buku pelajaran, bahan teks multimoda, dan menyiapkan lembaran
penilaian siswa.
-
Memotivasi
peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran dengan
mendengarkan
-
Memberikan
beberapa contoh ungkapan memperkenalkan diri
-
Menjelaskan
tujuan pembelajaran, kompetensi, literasi, dan karakater yang harus dicapai; dan menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai
silabus.
|
|
|||
2.
Kegiatan Inti (55 menit)
|
|
|||
-
Peserta didik menndengarkan beberapa contoh ungkapan
memperkenalkan diri
-
Peserta didik merespon ungapan memperkenalkan diri
-
Peserta didik mengidetifikasi fungsi, sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan
dari memperkenalkan diri
-
Ayat AL quran
tentang perkenalan diri
|
|
|||
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
|
|
|||
-
Peserta didik menyimpulkan pembelajaran (dibimbing
oleh guru)
-
Peserta didik mengadakan evaluasi atas proses pembelajaran yang
telah dilakukan
-
Peserta didik melakukan refleksi
terhadap pencapaian tujuan pembelajaran yang telah dilakukan
-
Peserta didik mendapatkan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran: Thank you very much for your
participation. You did a good job
today, I’m very happy with your activity in the class. How about you, did you
enjoy my class?
-
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya yaitu membuat teks memperkenalkan diri mengenai
tempat wisata dan bangunan bersejarah yang ada disekitar peserta didik
-
Menutup kegiatan dengan berdoa bersama
|
|
|||
|
|
Pertemuan 2 (2 P)
3.1.4 merespon ungkapan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective,
objective, possessive)
4.1.1. menetukan ungkapan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.1.2. Membuat teks interaksi transaksional lisan dan tulis
pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.1.3
mempresentasikan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks did
depan kelas
1.
Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
|
Keterangan
|
-
Menyiapkan
peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi,
menyiapkan buku pelajaran, bahan teks multimoda, dan menyiapkan lembaran
penilaian siswa.
-
Memotivasi
peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran dengan
mendengarkan
-
Memberikan
beberapa contoh ungkapan memperkenalkan diri
-
Menjelaskan
tujuan pembelajaran, kompetensi, literasi, dan karakater yang harus dicapai; dan menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai
silabus.
|
|
2.
Kegiatan Inti (55 menit)
|
|
-
Peserta didik mampu merespon
ungkapan memperkenalkan diri
-
Peserta didik dapatt
menentukan ungkapan memeperkenalkan diri
-
Peserta didik membuat teks
ungkapan memperkenalkan diri
-
Peserta didik mampu
mempresentasikan ungakapan memperkenalkan diri depan kelas
|
|
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
|
|
-
Peserta didik menyimpulkan pembelajaran
(dibimbing oleh guru)
-
Peserta didik mengadakan evaluasi atas proses pembelajaran yang
telah dilakukan
-
Peserta didik melakukan refleksi
terhadap pencapaian tujuan pembelajaran yang telah dilakukan
-
Peserta didik mendapatkan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran: Thank you very much for your
participation. You did a good job
today, I’m very happy with your activity in the class. How about you, did you
enjoy my class?
-
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya yaitu membuat dialog memperkenalkan diri mengenai
tempat wisata dan bangunan bersejarah yang ada disekitar peserta didik
-
Menutup kegiatan dengan berdoa bersama
|
|
Pertemuan 3 (2 P)
4.1.4
Membuat dialog teks interaksi transaksional
lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.1.5 menemukan
informasi terkait teks
interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
1. Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
|
Keterangan
|
-
Menyiapkan
peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi,
menyiapkan buku pelajaran, bahan teks multimoda, dan menyiapkan lembaran
penilaian siswa.
-
Memotivasi
peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran dengan
mendengarkan
-
Memberikan
beberapa contoh ungkapan memperkenalkan diri
-
Menjelaskan
tujuan pembelajaran, kompetensi, literasi, dan karakater yang harus dicapai; dan menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai
silabus.
|
|
2.
Kegiatan Inti (55 menit)
|
|
-
Peserta didik mampu membuat
dialogue berpasangan (dialogue in
pairs) ungkapan memperkenalkan diri
-
Peserta didik dapat mempresentasikan dialogue memperkenalkan
diri di depan kelas
-
Peserta didik menemukan
informasi terkait dalam task 27 hal 14 buku pg bahasa inggris
|
|
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
|
|
-
Peserta didik menyimpulkan pembelajaran
(dibimbing oleh guru)
-
Peserta didik mengadakan evaluasi atas proses pembelajaran yang
telah dilakukan
-
Peserta didik melakukan refleksi
terhadap pencapaian tujuan pembelajaran yang telah dilakukan
-
Peserta didik mendapatkan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran: Thank you very much for your
participation. You did a good job
today, I’m very happy with your activity in the class. How about you, did you
enjoy my class?
-
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya yaitu membuat dialog memperkenalkan diri mengenai
tempat wisata dan bangunan bersejarah yang ada disekitar peserta didik
-
Menutup kegiatan dengan berdoa bersama
|
|
H. Penilaian
Proses dan Hasil Pembelajaran
a.
Teknik
Penilaian
1.
Sikap :
Observasi dan Jurnal
2.
Pengetahuan :
Tes Tulis
3.
Keterampilan : presentasi ,
dialogue
b.
Bentuk
Penilaian :
1.
Sikap :
Lembar Observasi dan Jurnal
2.
Pengetahuan :
hasil teks memperkenalkan diri
3.
Keterampilan : oral presentasi
c. Remedial
1. Pembelajaran
remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD nya
belum tuntas.
2. Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remedial
teaching (klasikal),
atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
d. Pengayaan
·
Bagi peserta didik yang sudah mencapai
nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
i.
Peserta didik yang mencapai nilai n(ketuntasan)<n<n(maksimum) diberikan
materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
ii.
Peserta didik yang mencapai nilai n>n(maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD
dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
·
Kegiatan pengayaan yang dapat diberikan kepada peserta
didik dalam unit ini, adalah membuat artikel tentang sekolah impian. Peserta didik
dapat menuliskan hal-hal apa saja yang harus dimiliki sebuah sekolah dan
memberikan gambaran tentang kondisi ideal yang akan terjadi jika hal-hal
tersebut dimiliki oleh sebuah sekolah.
Ternate, 20 Juli 2017
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Mata
Pelajaran
Husnul
Arifin, S.S Sri Purnayanti, S.Pd
NIY. 19851121 04 2007 NIP.
198710092010012002
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
Apersepsi
Listening Script:
Listen to the dialogue about introducing tourself
Jagat : hello,
good morning
Perdana : hi good
morning too
Jagat : How do
you do ?
Perdana : how do
you do ?
Jagat : my
name is Jagad . nice to meet you
Perdana : my name
is perdana . nice to meet you too
Jagat : good
bye. See you later
Perdana : bye-bye
Soal task 27
Complete the following sentence with “ be” or “ have”\
1.My sister and I …………a pet. It ……….very cute
2.Ratna ……….a nice pencil case. It …brown with white stripes
3.Mr. MRs Haryanto …………..have two children. They……smart students
4.Denny …………..tired. he …..a lot to do work
5.Lia……………a friendly girl . no wonder she….many friend
6.Fonda…..a new cell phone. It…..not too expensive but excellent
7.Sita ……interested in becoming an
entrepreneur,. She… many books.
8.Ronal and Amran ….my classmates.
They……..big cat called kitty.
9.Vivi…………angry. She…many dolls.
10.
The students………math assignments. They have
studied hard all day. They….diligent.
Jawaban:
1. have, is, is 2. has, is 3.
have, are 4. is, has 5. is, has
6.
has, is 7. is, has 8. are, have 9. is, has 10. have, are
Instrumen Penilaian Pertemuan
1. Penilaian Sikap
Jurnal Guru Mata
Pelajaran
Nama
Satuan pendidikan : SMA Negeri 1
Kota Ternate
Tahun
Pelajaran :
2017/2018
Kelas/Semester
: XII
Bahasa&Budaya/Ganjil
Mata
Pelajaran : Bahasa
& Sastra Inggris
No
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Pos/
Neg
|
Tindak
Lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
Kisi-Kisi
Nama
Satuan pendidikan : SMA IT Nurul
Hasan
Tahun
Pelajaran :
2017/2018
Kelas/Semester
: X wajib/Ganjil
Mata
Pelajaran : Bahasa
& Sastra Inggris
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No
Soal
|
Bentuk
Soal
|
1.
|
fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan
keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan
pronoun: subjective, objective, possessive)
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)
|
Siswa mendengarkan
dialogue memperkenalkan diri dan dapat merespon
|
1,. 3,
4,5,6,7,8,9,10
|
Melengkapi
( be am , is, are , have, has
|
3. Penilaian Keterampilan
a. Teknik
Penilaian : Unjuk Kerja
b. Bentuk Instrumen
: Tes Keterampilan Menulis
c. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan/Indikator
|
Butir Instrumen
|
Menulis
|
||
|
Peserta
didik diminta untuk menuliskan teks memperkenalkan diri dan membuat dialogue
memperkenalkan diri
|
-
Teks tertulis
-
Teks Dialogue
|
a. Keterampilan menulis
No
|
Name
|
Focus
|
Total Score
|
Nilai
|
|||||
Text Org.
|
Target Content
|
Grammar
|
Vocab
|
Mechanic
|
Tidiness and deadline
|
||||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
|||||||||
4
|
|||||||||
6.
|
|||||||||
7.
|
|||||||||
8.
|
|||||||||
9.
|
|||||||||
RUBRIK PENILAIAN WRITING
No.
|
Criteria
to assess
|
Score
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Text organization
|
Doesn’t use the
correct text organization
|
Doesn’t Use the
correct text organization, but elaborate the idea
|
Use the correct
text organization, but hasn’t elaborate the idea
|
Use the correct
text organization and elaborate the idea
|
2.
|
Target Content
|
Write less than 5
sentences and no target expression
|
Write less than 5
sentences and less than 2 target expressions
|
Write more than 5
sentences and less than 4 target expressions
|
Write more than 5
sentences and more than 4 target expressions
|
3.
|
Grammar
|
More than 5
grammar errors and not understandable
|
More than 5
grammar error, but still understandable
|
Less than 5
grammar error, but still understandable
|
No grammar error
|
4.
|
Vocabulary
|
Use basic
vocabulary, but inappropriate.
|
Use basic vocabulary and appropriate
|
Use developed vocabulary, but some of them are
inappropriate.
|
Use developed vocabulary and appropriate
|
5.
|
Mechanic
|
Some errors in
spelling and punctuation which detract from meaning
|
More than 3
errors in spelling and punctuation which do not detract from meaning
|
Mostly effective
use of mechanics, errors do not detract from meaning
|
Effective use of
capitalization, punctuation, and spelling
|
6.
|
Tidiness and
deadline
|
Write awkwardly,
unreadable, submit late than 3 days from deadline
|
Write quite neatly,
quite clear font, submit late three days from deadline
|
Write neatly,
clear font, submit the work on time
|
Write creatively,
neatly, clear font, submit the work on time
|
Note:
Final Score =
b. Penilaian
Speakin and listening
a.
Teknik
Penilaian : presentasi
b. Bentuk Instrumen
: Tes Keterampilan speaking
c.
kisi-kisi
No.
|
Keterampilan/Indikator
|
Butir Instrumen
|
Speaking
|
||
1
1.
|
Peserta
didik mempresentasikan teks memeperkenalkan diri
Peserta didik mempresentasikan
dialogue secara berpasangan
|
Performance (unjuk kerja )
|
Rubric
penilaian
No.
|
Aspek yang di nilai
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Pengucapan
(pronunciation)
|
|||||
2
|
Kosa
kata (vocabulary)
|
|||||
3
|
Pembahasan
(understanding)
|
|||||
4
|
Intonasi(intonation)
|
|||||
5
|
Kelancaran(
fluency)
|
|||||
6
|
Ketelitian
(accuracy)
|
Jumlah
|
Kriteria
penilaian dapa dilalukan sebagai berikut:
Skor
maksimal
: 5 X 6 = 30
Penentuan
nilai
: nilai siswa = skor diperoleh X 100
Skor maksimal
a.
Kosa kata (vocabulary)
5
= Hampir sempurna
4
= Ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
3
= Ada kesalahan dan menganggu makna
2
= Banyak kesalahan dan menganggu makna
1
= Terlalu banyak keslahan sehingga sulit dipahami
b.
Kelancara (fluency)
5
= Sangat lancer
4
= Lancar
3
= Cukup lancar
2
= Kurang lancar
1
= Tidak lancar
c.
Ketilitian(accuracy)
5
= Sangat teliti
4
= Teliti
3
= Cukup teliti
2
= Kurang teliti
1
= tidak teliti
d.
Pengucapan(pronunciation)
5
= Hampir sempurna
4
= Ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
3
= Ada beberapa kesalahan dan menganggu makna
2
= Banyak kesalan dan menganggu makna
1
= Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit untuk di pahami
e.
Intonasi(intonation)
5
= Hampir sempurna
4
= Ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
3
= Ada beberapa kesalahan dan menganggu makna
2
= Banyak kesalan dan menganggu makna
1
= Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit untuk di pahami
f.
Pemahaman(understanding)
5
= Sangat memahami
4
= Memahami
3
= Cukup memahami
2
= kurang memahami
1
= tidak memahami
Giorgio Casino - 10 FREE Spins No Deposit
BalasHapusGiorgio is one of the best online casinos that has been created in 2020 to bring sbobet ทางเข้า a casino experience gioco digitale to a new generation. Play the most popular betway login casino games!