rpp bahasa inggris kurikulum 2013 kelas x wajib



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                        : SMA Islam Terpadu Nurul Hasan
Mata pelajaran              : Bahasa Inggris
Kelas/semester             : X Wajib  Bahasa&Budaya/Ganjil
   Materi Pokok              : menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive
Alokasi Waktu            : 6  JP (3X PERTEMUAN)

A.      Kompetensi Inti SMA


KI. 1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI. 2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  KI-3: Kompetensi Pengetahuan, yaitu memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4: Kompetensi Keterampilan, yaitu mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.                 Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi:

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)

3.1.1    Mendefinisikan pengertian/ fungsi sosial, teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)


3.1.2       Menjelaskan struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)
3.1.3    Menjelaskan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)
3.1.4 merespon ungkapan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)

4.1  menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

4.1.1. menetukan ungkapan teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

4.1.2. Membuat  teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

4.1.3 mempresentasikan teks  interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks did depan kelas

4.1.4  Membuat dialog  teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

4.1.5 menemukan informasi terkait teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks




C.   Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat membedakan, menangkap makna, dan menyusun  terkait teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks dengan menggunakan pairs dialogue  dan  memiliki perilaku jujur, disiplin, peduli, kerja sama, tangung jawab, toleran, santun, responsif, dan pro-aktif.

D.     Materi Pembelajaran

1)      Fakta
Fungsi sosial
  Mengenalkan, menyebutkan identitas, untuk saling mengenal dan menjalin hubungan antar pribadi dengan teman dan guru.
2)      Konnsep
Unsur kebahasaan
-          kosakata: nama status hubungan keluarga, kekerabatan, teman, tetangga nama profesi pekerjaan, hobi.
-          Kata tanya Who? Which? How? Dst.
-             Kata kerja dalam simple present tense.
-          Penggunaan    to be ( am, is, are,) have , has  
-             Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-          Ucapan, tekanan kata, intonasi
-    Penggunaan     pronoun: subjective, objective, possessive
-     
3)      Prinsip
Struktur teks
Adi          : My name is Adi. I live on Jln. Simorejo.
Gema      : Near SMAN 1?
Adi          : Yes, only 100 m to the west. I have 2 brothers, Ferry and Bima.
Gema      : I know Ferry
Adi          : Really.
Gema      : Yes, we play badminton together every Friday

E.      Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran Pairs dialogue
Pertemuan Pertama: Pengamatan, tanya jawab, respon
Pertemuan kedua : presentasi.
Pertemuan ketiga : dialogue in pairs

F.      Media Pembelajaran

Video memperkenalkan diri   dan teks memperkenakan diri

G.     Sumber Pembelajaran:

1.       Internet . www. Google.com.introducing yourself
2.       Buku Siswa Kelas X SMA. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Bahasa Inggris/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016
3. Buku Pr Intan Pariwara  bahsa inggris. Klaten 2016
3Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 P)
3.1.1 Mendefenisikan pengertian/ fungsi sosial, teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)
3.1.2       Menjelaskan struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)
3.1.3    Menjelaskan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)


1.      Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
Keterangan
-      Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi, menyiapkan buku pelajaran, bahan teks multimoda, dan menyiapkan lembaran penilaian siswa.
-      Memotivasi peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran dengan mendengarkan  
-      Memberikan beberapa contoh ungkapan memperkenalkan diri
-      Menjelaskan tujuan pembelajaran, kompetensi, literasi, dan karakater yang  harus dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.





Line Callout 3: Karakter: tanggung, jawab, jujur Line Callout 3: Karakter: tanggung, jawab, jujur
2.      Kegiatan Inti  (55 menit)



-          Peserta didik menndengarkan beberapa contoh ungkapan memperkenalkan diri
-          Peserta didik merespon ungapan memperkenalkan diri
-          Peserta didik mengidetifikasi fungsi, sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan  dari memperkenalkan diri
-          Ayat  AL quran tentang perkenalan diri










 





























3.      Kegiatan Penutup (15 menit)

-          Peserta didik menyimpulkan pembelajaran (dibimbing oleh guru)
-          Peserta didik mengadakan evaluasi atas proses pembelajaran yang telah dilakukan
-          Peserta didik melakukan refleksi terhadap pencapaian tujuan pembelajaran yang telah dilakukan
-          Peserta didik mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran: Thank you very much for your participation.  You did a good job today, I’m very happy with your activity in the class. How about you, did you enjoy my class?
-          menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya yaitu membuat  teks memperkenalkan diri mengenai tempat wisata dan bangunan bersejarah yang ada disekitar peserta didik
-          Menutup kegiatan dengan berdoa bersama




    Pertemuan 2 (2 P)
3.1.4 merespon ungkapan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)
4.1.1. menetukan ungkapan teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

4.1.2. Membuat  teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

4.1.3 mempresentasikan teks  interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks did depan kelas

1.      Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
Keterangan
-      Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi, menyiapkan buku pelajaran, bahan teks multimoda, dan menyiapkan lembaran penilaian siswa.
-      Memotivasi peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran dengan mendengarkan  
-      Memberikan beberapa contoh ungkapan memperkenalkan diri
-      Menjelaskan tujuan pembelajaran, kompetensi, literasi, dan karakater yang  harus dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.





Line Callout 3: Karakter: tanggung, jawab, jujur Line Callout 3: Karakter: tanggung, jawab, jujur
2.      Kegiatan Inti  (55 menit)

-          Peserta didik mampu merespon ungkapan memperkenalkan diri
-          Peserta didik dapatt menentukan ungkapan memeperkenalkan diri
-           Peserta didik membuat teks ungkapan memperkenalkan diri
-          Peserta didik mampu mempresentasikan ungakapan memperkenalkan diri depan kelas


3.      Kegiatan Penutup (15 menit)

-          Peserta didik menyimpulkan pembelajaran (dibimbing oleh guru)
-          Peserta didik mengadakan evaluasi atas proses pembelajaran yang telah dilakukan
-          Peserta didik melakukan refleksi terhadap pencapaian tujuan pembelajaran yang telah dilakukan
-          Peserta didik mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran: Thank you very much for your participation.  You did a good job today, I’m very happy with your activity in the class. How about you, did you enjoy my class?
-          menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya yaitu membuat  dialog  memperkenalkan diri mengenai tempat wisata dan bangunan bersejarah yang ada disekitar peserta didik
-          Menutup kegiatan dengan berdoa bersama


    Pertemuan 3 (2 P)
4.1.4  Membuat dialog  teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

4.1.5 menemukan informasi terkait teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


1. Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
Keterangan
-      Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi, menyiapkan buku pelajaran, bahan teks multimoda, dan menyiapkan lembaran penilaian siswa.
-      Memotivasi peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran dengan mendengarkan  
-      Memberikan beberapa contoh ungkapan memperkenalkan diri
-      Menjelaskan tujuan pembelajaran, kompetensi, literasi, dan karakater yang  harus dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.





Line Callout 3: Karakter: tanggung, jawab, jujur Line Callout 3: Karakter: tanggung, jawab, jujur
2.      Kegiatan Inti  (55 menit)

-          Peserta didik mampu membuat dialogue berpasangan (dialogue  in pairs) ungkapan memperkenalkan diri
-          Peserta didik dapat  mempresentasikan dialogue memperkenalkan diri di depan kelas 
-          Peserta didik menemukan informasi terkait dalam task 27 hal 14 buku pg bahasa inggris

3.      Kegiatan Penutup (15 menit)

-          Peserta didik menyimpulkan pembelajaran (dibimbing oleh guru)
-          Peserta didik mengadakan evaluasi atas proses pembelajaran yang telah dilakukan
-          Peserta didik melakukan refleksi terhadap pencapaian tujuan pembelajaran yang telah dilakukan
-          Peserta didik mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran: Thank you very much for your participation.  You did a good job today, I’m very happy with your activity in the class. How about you, did you enjoy my class?
-          menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya yaitu membuat  dialog  memperkenalkan diri mengenai tempat wisata dan bangunan bersejarah yang ada disekitar peserta didik
-          Menutup kegiatan dengan berdoa bersama


H.    Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran
a.    Teknik Penilaian
1.    Sikap                    : Observasi dan Jurnal
2.    Pengetahuan         : Tes Tulis
3.    Keterampilan        : presentasi , dialogue

b.    Bentuk Penilaian      :
1.    Sikap                    : Lembar Observasi dan Jurnal
2.    Pengetahuan         : hasil teks memperkenalkan diri
3.    Keterampilan        : oral presentasi

c.    Remedial
1.    Pembelajaran remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas.
2.    Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remedial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
d.    Pengayaan
·      Bagi peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
                                  i.          Peserta didik yang mencapai nilai n(ketuntasan)<n<n(maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
                                ii.          Peserta didik yang mencapai nilai n>n(maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
·      Kegiatan pengayaan yang dapat diberikan kepada peserta didik dalam unit ini, adalah membuat artikel tentang sekolah impian. Peserta didik dapat menuliskan hal-hal apa saja yang harus dimiliki sebuah sekolah dan memberikan gambaran tentang kondisi ideal yang akan terjadi jika hal-hal tersebut dimiliki oleh sebuah sekolah.

                                                                                      Ternate, 20 Juli 2017       
Mengetahui,                                                               
Kepala Sekolah                                                          Guru Mata Pelajaran




Husnul Arifin, S.S                                                       Sri Purnayanti, S.Pd
     NIY. 19851121 04 2007                                                    NIP. 198710092010012002  





LAMPIRAN-LAMPIRAN
Materi Pembelajaran Pertemuan 1

Apersepsi

Hasil gambar untuk video introducing yourself
Listening Script:
Listen to the dialogue  about introducing tourself
Jagat                : hello, good morning
Perdana            : hi good morning too
Jagat                : How do you do ?
Perdana            : how do you do ?
Jagat                : my name is Jagad . nice to meet you
Perdana            : my name is perdana . nice to meet you too
Jagat                : good bye. See you later
Perdana            : bye-bye

Soal task 27
Complete the following sentence with “ be” or “ have”\
1.My sister and I …………a pet. It ……….very cute
2.Ratna ……….a nice pencil case. It …brown with white stripes
3.Mr. MRs Haryanto …………..have two children. They……smart students
4.Denny …………..tired. he …..a lot to do work
5.Lia……………a friendly girl . no wonder she….many friend
6.Fonda…..a new cell phone. It…..not too expensive but excellent
7.Sita ……interested  in becoming an entrepreneur,. She… many books.
8.Ronal and  Amran ….my classmates. They……..big cat called kitty.
9.Vivi…………angry. She…many dolls.
10.           The students………math assignments. They have studied hard all day. They….diligent.
 
Jawaban:
1. have, is, is 2. has, is 3. have, are 4. is, has 5. is, has
6. has, is 7. is, has 8. are, have 9. is, has 10. have, are

Instrumen Penilaian Pertemuan
1. Penilaian Sikap

Jurnal Guru Mata Pelajaran

Nama Satuan pendidikan         : SMA Negeri 1 Kota Ternate
Tahun Pelajaran                       : 2017/2018
Kelas/Semester                        : XII Bahasa&Budaya/Ganjil
Mata Pelajaran                         : Bahasa & Sastra Inggris

No
Waktu
Nama
Kejadian/Perilaku
Butir
Sikap
Pos/
Neg

Tindak Lanjut













2. Penilaian Pengetahuan
Kisi-Kisi

Nama Satuan pendidikan         : SMA IT Nurul Hasan
Tahun Pelajaran                       : 2017/2018
Kelas/Semester                        : X wajib/Ganjil
Mata Pelajaran                         : Bahasa & Sastra Inggris

No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal

No
Soal
Bentuk
Soal
1.


fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)

Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)

Siswa mendengarkan dialogue memperkenalkan diri dan dapat merespon
1,. 3, 4,5,6,7,8,9,10
Melengkapi ( be am , is, are , have, has


3. Penilaian Keterampilan

a.        Teknik Penilaian           : Unjuk Kerja
b.        Bentuk Instrumen         : Tes Keterampilan Menulis
c.         Kisi-kisi:

No.
Keterampilan/Indikator
Butir Instrumen
Menulis





Peserta didik diminta untuk menuliskan teks memperkenalkan diri dan membuat dialogue memperkenalkan diri
-          Teks tertulis
-          Teks Dialogue

a. Keterampilan menulis
No
Name
Focus
Total Score
Nilai
Text Org.
Target Content
Grammar
Vocab
Mechanic
Tidiness and deadline
1









     2









3









 4



















6. 









7. 









8. 









9. 






































































RUBRIK PENILAIAN WRITING

No.
Criteria to assess
Score
1
2
3
4
1.
Text organization
Doesn’t use the correct text organization
Doesn’t Use the correct text organization, but elaborate the idea
Use the correct text organization, but hasn’t elaborate the idea
Use the correct text organization and elaborate the idea
2.
Target Content
Write less than 5 sentences and no target expression
Write less than 5 sentences and less than 2 target expressions
Write more than 5 sentences and less than 4 target expressions
Write more than 5 sentences and more than 4 target expressions
3.
Grammar
More than 5 grammar errors and not understandable
More than 5 grammar error, but still understandable
Less than 5 grammar error, but still understandable
No grammar error
4.
Vocabulary
Use basic vocabulary, but inappropriate.
Use basic vocabulary and appropriate
Use developed vocabulary, but some of them are inappropriate.
Use developed vocabulary and appropriate
5.
Mechanic
Some errors in spelling and punctuation which detract from meaning
More than 3 errors in spelling and punctuation which do not detract from meaning
Mostly effective use of mechanics, errors do not detract from meaning
Effective use of capitalization, punctuation, and spelling
6.
Tidiness and deadline
Write awkwardly, unreadable, submit late than 3 days from deadline
Write quite neatly, quite clear font, submit late three days from deadline
Write neatly, clear font, submit the work on time
Write creatively, neatly, clear font, submit the work on time


Note:
Final Score =

      b. Penilaian Speakin and listening
a.      Teknik Penilaian           : presentasi
b.        Bentuk Instrumen    : Tes Keterampilan speaking
c. kisi-kisi

No.
Keterampilan/Indikator
Butir Instrumen
                                Speaking

1
1.         
Peserta didik mempresentasikan teks memeperkenalkan diri 
Peserta didik mempresentasikan dialogue          secara  berpasangan  
    Performance (unjuk kerja )

Rubric penilaian
No.
Aspek yang di nilai
               Skor

1
2
3
4
5
1
Pengucapan (pronunciation)





2
Kosa kata (vocabulary)





3
Pembahasan (understanding)





4
Intonasi(intonation)





5
Kelancaran( fluency)





6
Ketelitian (accuracy)






Jumlah






Kriteria penilaian dapa dilalukan sebagai berikut:  
Skor maksimal                         : 5 X 6 = 30
Penentuan nilai                        : nilai siswa = skor diperoleh X 100
                                                           Skor maksimal

a.      Kosa kata (vocabulary)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
3 = Ada kesalahan dan menganggu makna
2 = Banyak kesalahan dan menganggu makna
1 = Terlalu banyak keslahan sehingga sulit dipahami
b.      Kelancara (fluency)
5 = Sangat lancer
4 = Lancar
3 = Cukup lancar
2 = Kurang lancar
1 = Tidak lancar
c.       Ketilitian(accuracy)
5 = Sangat teliti
4 = Teliti
3 = Cukup teliti
2 = Kurang teliti
1 = tidak teliti
d.      Pengucapan(pronunciation)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
3 = Ada beberapa kesalahan dan menganggu makna
2 = Banyak kesalan dan menganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit untuk di pahami
e.       Intonasi(intonation)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
3 = Ada beberapa kesalahan dan menganggu makna
2 = Banyak kesalan dan menganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit untuk di pahami
f.        Pemahaman(understanding)
5 = Sangat memahami
4 = Memahami
3 = Cukup memahami
2 = kurang memahami
1 = tidak memahami




Komentar

  1. Giorgio Casino - 10 FREE Spins No Deposit
    Giorgio is one of the best online casinos that has been created in 2020 to bring sbobet ทางเข้า a casino experience gioco digitale to a new generation. Play the most popular betway login casino games!

    BalasHapus

Posting Komentar